Kamis, 24 Juli 2008

Apa itu Jarimatika......??


Banyak orang tua yang baru pertama kali mendengar kata "Jarimatika" bertanya tanya apa saja yang dipelajari di Jarimatika? Apakah hanya sekedar berhitung dengan menggunakan jari-jari tangan sajakah? Lalu terbayang kenangan masa kecil kita dulu ketika mengenal berhitung dengan menggunakan jari-jari tangan kita.

Jarimatika mengajarkan berhitung mudah dan menyenangkan dengan jari-jari tangan. Berhitung yang bagaimana? Yaitu berhitung KABATAKU (Kali Bagi Tambah Kurang).

Dibandingkan dengan metode lain, metode Jarimatika lebih menekankan pada penguasaan konsep terlebih dahulu baru ke cara cepatnya, sehingga anak-anak menguasai ilmu secara matang. Selain itu metode ini disampaikan secara fun sehingga anak-anak akan merasa senang dan gampang bagaikan "tamasya belajar".

Apa kelebihan Jarimatika? - Jarimatika memberikan visualisasi proses berhitung - Menggembirakan anak saat digunakan

Apa pengaruhnya pada daya pikir dan psikologis?
- Karena diberika secara menyenangkan maka sistem limbik di otak anak akan senantiasa terbuka sehingga memudahkan anak dalam menerima materi baru. - Membiasakan anak mengembangkan otak kanan dan kirinya baik secara motorik maupun secara fungsional sehingga otak bekerja lebih optimal. - Tidak membertakan memori otak sehingga anak menganggap mudah, dan ini merupakan step awal membangun rasa percaya dirinya untuk lebih jauh menguasai ilmu matematika secara luas.

Kami melihat Jarimatika bukan sekedar cara berhitung. Jarimatika lebih merupakan alat komunikasi orang tua kepada anak-anaknya. Jarimatika adalah sebuah cara sederhana dan menyenangkan mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak menurut kaidah :

- Dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan dan operasi hitung dasar - Barulah kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan - Prosesnya diawali, dilakukan dan diakhiri dengan gembira

Selamat bergabung, salam..........

Tidak ada komentar: